Batu empedu merupakan suatu keadaan terbentuknya batu (calculi) dalam kantong empedu. Kadang, batu juga terbentuk dalam saluran empedu. Batu kandung empedu yang tinggal diam tidak menimbulkan gejala. Namun, jika batu tersebut menyumbat saluran empedu atau mengakibatkan peradangan pada kantong empedu akan menimbulkan sakit yang hebat.

 

Penyebab

Batu empedu kebanyakan terbentuk dari kolestrol yang larut dalam empedu. Selain itu, terbentuk dari campurn kolestrol dan bilirubin atau campuraan kalsium dan bilirubin. Biasanya, terbentuknya batu karena empedu terlalu lama tersimpan dalam kantong empedu, kemudian batu berjalan mengikuti aliran darah ke saluran empedu dan menyangkut di sana.

 

Gejala dan Tanda-Tanda

Penyakit batu empedu tidak selalu menunjukkan gejala, hanya pada keadaan memburuk atau terjadi peradangan. Gejala yang biasa ditimbulkan dimulai dengan nyeri akut yang hebat pada bagian atas kanan perut yang menjalar ke punggung. Umumnya, serangan datang sewaktu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Gejala lainnya, yaitu timbul penyakti kuning (jika batu empedu menyumbat saluran empedu), gangguan pencernaan, mual, muntah, gas dalam perut, sendawa, kolik, berkeringat, kedinginan, suhu badan agak tinggi, dan feses berwarna cokelat.

 

Perawatan dan Pantangan

Pertama, kurangi makanan berlemak untuk mencegah serangan.

Kedua, hindari makanan yang digoreng, daging kambing, daging babi, bumbu-bumbu yang merangsang, dan makanan yang kadar gulanya tinggi.

Ketiga, hindari makanan yang menimbulkan gas, seperti kol, sawi, lobak, mentimun, ubi, nangka, durian, serta minuman yang mengandung soda dan alkohol.

 

Pengobatan Herbal

 

Resep 1

30 gr daun keji beling segar

15 gr daun ungu segar

100 gr rambut jagung

Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring. Minum 2 kali sehari.

 

Resep 2

30 gr daun kumis kucing kering (60 gr segar)

7 tongkol jagung muda yang belum ada bijinya.

25 gr kunyit, potong-potong

Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring. Minum 2 kali sehari.

 

Resep 3

30 gr daun tempuyung segar

10 gr daun sambiloto kering

Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring. Minum 2 kali sehari.

 

Resep 4

4 gelas jus apel

½ gelas air lemon

¼ gelas minyak zaitun

Minum jus apel selama 5 hari. Pada hari ke 6, lakukan puasa. Pada waktu berbuka puasa, minum air putih ditambah garam inggris. Pada pukul 20.00, minum campuran air lemon dan minyak zaitun.

 

Catatan

Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. Untuk keluhan yang serius, tetap konsultasi ke dokter.

 

Referensi:

Prof H.M. Hembing Wijayakusuma, Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit, Cet 1, 2000, (Jakarta: Pustaka Bunda), h. 18-19