Booking.com
Booking.com

Selasa, 04 Desember 2018

Sehat dengan Acupressure

Penulis           : Syariffudin
Pemilik Web   : www.syariffudin.org


Dengan kondisi budaya modern saat ini dimana persaingan terjadi dengan sangat ketat semua ingin serba instan, praktis dan hasil seoptimal mungkin. Banyaknya pencemaran lingkungan, banyaknya racun di sekitar kita membuat kesehatan sangat terancam.

Kesemua faktor tersebut membuat kita kurang dan tidak memperhatikan kesehatan dengan baik. Bahkan kesehatan dianggap prioritas yang kesekian. Orang lebih suka minum obat modern agar cepat sembuh hingga dapat beraktivitas kembali.

Tapi tahukah anda? Bila ternyata anda sedang menggadaikan kesehatan anda dengan sesuatu yang sebenarnya bisa diusahakan kembali. Sebaliknya bila kesehatan itu lepas dari kita, maka untuk mengembalikannya kembali seringkali membutuhkan nilai melebihi dari nilai yang telah kita usahakan.

Demikian pula dengan penanggulangan masalah kesehatan dan kecantikan, banyak sekali yang menginginkan hasil fantastik dan cepat. Tapi kembali bahwa ternyata tidak sesederhana itu, karena belakangan baru diketahui bahwa obat modern seringkali hanya memindahkan dari penyakit yang satu ke penyakit yang lain.

Sejalan dengan gelombang hijau (Go Green) maka pengobatan secara tradisional dengan Tradisi Timur menggunakan obat herbal dan Terapi Acupressure menjadi alternatif yang sangat menjanjikan. Sayangnya, dalam pelaksanaan masih banyak hal yang belum diketahui sehingga pemanfaatan herbal belum banyak dilakukan oleh masyarakat luas.

Definisi Acupresure

Acupressure   adalah   salah   satu   terapi   dengan   menekan   atau   merangsang   titik-titik acupoint dengan tujuan untuk menyelaraskan energi vital (chi) yang terdiri dari  unsur Yin dan Yang.

lmu ini merupakan satu komponen penting dari pengobatan tradisional Cina dan Tiongkok. Hal ini dapat kita lihat pada literatur berikut: Canon of Medicine 475-221 SM, New History of the Tang Dinasty 581-907 SM, Dinasty Ming dan Qin 1368-1911 M.

Meridien dan Fungsinya

Dalam teori kesehatan Cina kuno, diyakini di dalam tubuh kita ada jaringan energi yang disebut   Qi   (Chi)   yang   saling   berhubungan   satu   dengan   lainnya.  

Hubungan   energi tersebut   terjalin   melalui   jalur   yang   disebut   Meridien.   Bila   terjadi   hambatan   atau   ketidak harmonisan   pada   Meridien,   maka   aliran  energi  menjadi   tidak   lancar   dan   berakibat   pada gangguan kesehatan.

Adapun fungsi meridian adalah:

1.  Penghubung bagian tubuh sebelah atas dan sebelah bawah.
2.  Penghubung bagian tubuh sebelah kanan dan sebelah kiri.
3.  Penghubung organ-organ dalam dengan permukaan tubuh.
4.  Penghubung organ dalam dengan dan alat gerak.
5.  Penghubung organ dalam dengan organ-organ dalam lainnya.
6.  Penghubung organ dengan jaringan penunjang tubuh lainnya.
7.  Penghubung jaringan penunjang tubuh dengan jaringan penunjang tubuh lainnya.

Manfaat Acupressure


Pada    dasarnya    manfaat   acupressure    dapat   diklasifikasikan  menjadi    3  hal  yaitu: pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit dan peningkatan daya tahan tubuh.

Mekanisme Kerja Acupressure

  1. Dalam     tubuh   mengandung      Qi  (energi  hidup/bioenergi)     yang   menggerakkan semua proses dalam kehidupan.
  2. Qi mengalir terus menerus secara teratur, berkala, berirama dan akhirnya kembali ke posisi semula sehingga membangun sirkulasi tertutup (daur ulang).
  3. Setiap    tubuh    memiliki   homeostatis    yaitu   kecenderungan      untuk   mempertahankan keadaan     normal.    Jika  homeostatis    tidak  mampu      menghadapi     gangguan     dari  luar maupun   dari    dalam,   maka   Qi   akan   mengalami     gangguan   atau   hambatan     sehingga menimbulkan ketidakseimbangan yang berpengaruh pada timbulnya penyakit.
  4. Mekanisme acupresure yaitu merangsang energi (Qi) agar berfungsi kembali.